• (024) 6723456
  • info@stekom.ac.id

Gimana sih caranya agar terhindar dari plagiasi, yuk terapkan cara-cara ini!

Orisinal merupakan kunci dari apapun jenis karya tulis. That's why, penting bagi kalian semua untuk mengetahui bagaimana nih menghindari plagiarisme jika kalian tidak ingin karya anda tidak didapat dipublikasi. Berikut sedikit tips untuk menghindari plagiasi dalam menulis karya ilmiah yang bisa kalian ikuti. 


1. Pentingnya mengetahui apa itu plagiarisme

menurut Plagiarism.org, plagiarisme adalah mencuri ide atau kata-kata orang lain dan mengklaimnya sebagai milikmu. Pengertian lain menyebutkan bahwa menggunakan kata- kata lain tanpa mencantumkan sumbernya juga merupakan tindakan plagiarisme. 

So, sebisa mungkin hindari dua tindakan seperti yang disebutkan diatas jika ingin karya kalian tidak di sebut plagiasi. 


2. Pentingnya memahami konteks. 

Memahami konteks dari tulisan kalian itu merupakan hal penting. Kalian harus menghindari menerjemahkan kata per kata atau menulis ulang dari referensi yang kalian gunakan. Itulah pentingnya memahami konteks dari tulisan kalian. 

Cobalah tulis ulang menggunakan bahasa kalian sendiri. Dengan cara ini kalian dapat menghindari plagiarisme dari karya orang lain. 


3. Cantumkan Sumber yang jelas 

Ini adalah salah satu cara penting untuk menghindari plagiasi yaitu dengan cara mencantumkan sumber yang jelas. Namun mencantumkan sumber dengan benar juga ada caranya, nah ini kalian bisa pelajari dengan banyak membaca jurnal atau karya ilmiah yang lain. 


4. Cek hasil karya tulis kalian dengan tool cek plagiarisme

Jika cara yang telah disebutkan sebelumnya sudah kalian lakukan namun kalian masih kurang yakin, kalian bisa menggunakan tool cek plagiarisme yang bisa diakses online untuk mengecek berapa persentasi plagiarisme hasil karya kalian. 


Selamat mencoba ya guys. 


 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved