• (024) 6723456
  • info@stekom.ac.id

Apa itu TOEFL?

Apa itu TOEFL? Manfaatnya apa?


Hai guys, pada kesempatan ini akan dibahas sedikit mengenai APA ITU TOEFL? dan MANFAATNYA. Khususnya untuk mahasiswa yang mengambil program sarjana atau diploma 4 wajib tau tentang toefl. 

Secara arti TOEFL adalah singkatan dari Test of English as a Foreign Language atau jika kita terjemahkan kedalam bahasa Indonesia adalah Tes Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing. Jadi Toefl ini adalah ujian Bahasa Inggris. Bagi kalangan akademisi, pasti sudah tidak asing mendengar mengenai tes satu ini. Test TOEFL dikalangan akademisi merupakan pra-syarat. Syarat untuk apa ya? Salah satunya bagi kalian yang mengambil program Sarjana, Test Toefl ini merupakan salah satu syarat yang harus kalian tempuh jika kalian akan mendaftar sidang proposal dan juga sidang skripsi. So, penting kan kalian untuk tau Test Toefl itu sendiri. 


Jenis Test Toefl

1. PBT

PBT atau Paper-Based Test (yang sekarang dihapus. Kalau pun masih ada, jarang sekali yang masih menggunakannya dan itu pun hanya untuk latihan. Secara internasional PBT tidak bisa dipakai untuk melamar kerja dan/atau kuliah di luar negeri.). Adalah jenis tes TOEFL yang berbasis pada kertas atau dengan kata lain jenis TOEFL ini menggunakan kertas sebagai sarana atau alat selama tes berlangsung. TOEFL ini baru pertama kali dikenal oleh masyarakat dunia adalah pada tahun 1964 dan sudah dijadikan salah satu bentuk tes kemampuan bahasa pada waktu itu. Setelah perkembangan zaman, secara Internasional jenis TOEFL ini sudah jarang ditemui. Namun masih ada beberapa negara yang masih menggunakan TOEFL PBT untuk menguji kemampuan bahasa Inggris, salah satu negara tersebut adalah Indonesia. Total sekitar ada 60 lembaga yang tersebar di 48 kota besar di Indonesia yang menyelenggarakan tes TOEFL PBT.


Di Indonesia TOEFL PBT juga biasa dikenal sebagai TOEFL ITP atau Institutional Testing Program. Maksudnya adalah jenis TOEFL ini diadakan oleh sebuah lembaga atau pusat bahasa yang ada di sekolah maupun di Universitas untuk menguji kemampuan bahasa Inggris para peserta yang notabene adalah murid atau Mahasiswa dari Universitas tersebut. Disamping itu, jenis TOEFL ini hanya berlaku untuk lokal dalam hal pemanfaatannya dan cara mengikutinya.


Pada TOEFL ITP terdapat beberapa skill atau kemampuan bahasa Inggris yang diujikan, meliputi: Listening, structure and written expression, reading. Ujian TOEFL ITP membutuhkan waktu selama 2 – 2,5 jam dengan score range 310 – 677.

2. CBT

CBT atau Computer-Based Test (yang sekarang juga sudah dihapus). Adalah jenis tes TOEFL yang berbasis pada komputer. Maksudnya adalah tes TOEFL ini menggunakan komputer sebagai sarana atau alat selama ujian berlangsung. TOEFL CBT merupakan jenis tes sebagai perkembangan dari TOEFL PBT yang pertama kali dikenal oleh masyarakat pada tahun 1998. Namun untuk saat ini TOEFL jenis ini sudah tidak diselenggarakan lagi, karena dinilai kurang valid dalam pelaksanaannya baik secara materi maupun skor yang didapat.


Pada TOEFL CBT terdapat beberapa skill bahasa Inggris yang diujikan, diantaranya adalah Listening, reading and writing. Ujian pada TOEFL jenis ini berlangsung selama 2 – 2,5 jam. Mengenai rentang nilai pada TOEFL CBT berbeda dengan TOEFL PBT, yaitu 0 – 300.


3. IBT

IBT atau Internet-Based Test. (Nah, kalau yang ini baru bisa Anda gunakan untuk melamar kerja dan/atau kuliah di luar negeri.) Merupakan tes TOEFL yang berbasis pada Internet atau dengan kata lain selama proses ujian berlangsung, internetlah yang menjadi sebuah sarana dalam penyelenggaraannya. Disamping itu, tes jenis ini juga menggunakan komputer sebagai media. Namun, dalam tes jenis ini terdapat koneksi internet yang membedakan dengan TOEFL CBT.


TOEFL IBT adalah jenis TOEFL terbaru yang diluncurkan oleh ETS (Educational Testing Service) sebagai sebuah tes untuk menguji kemampuan masyarakat dunia dalam berbahasa Inggris. TOEFL IBT pertama kali dikeluarkan oleh ETS pada tahun 2005, namun pertama diberlakukan di Indonesia pada tahun 2006.


Seperti halnya jenis TOEFL lainnya, dalam TOEFL IBT jug terdapat beberapa kemampuan (skill) yang diujikan, seperti halnya: Reading, Listening, Speaking dan Writing. TOEFL IBT berlangsung 4 jam dengan rentang skor sebanyak 0 – 120.


Nah itu sedikit mengenai test toefl. 

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved